19 Maret 2010

Jaga di Vk obsgyn (kamar bersalin) 


Awalnya saya agak ngerasa ga sreg kebagian jaga pas hari minggu..(yaah kenapa harus hari minggu?besoknya kan masih ada kuliah –“ ) tp apapun yg terjadi , yg namanya masih mahasiswa mau ga mau harus ikut peraturan dulu..

Pada pukul 2 siang hari minggu itu dgn malasnya saya berangkat dari rumah ke IRD dr.soetomo..tdk jauh memang jaraknya,tp karena saya tau kalo jaganya bakalan sampe malam jd rada2 ga semangat sebenernya..Ditambah lagi saya satu2nya cewek dari clerk 2006 yg jaga siang hari itu,yg lainnya cowook semua..kami ber-4 beranjak ke lantai 2 utk menuju vk obsgyn, di ruangan itu ada beberapa ibu2 yg menanti kelahiran putra/putrinya..kadang dengan merintih kesakitan,para ibu tsb tetap tegar dan bertahan..ada beberapa juga yg mukanya tetap tersenyum,kadang sembari bercerita bahwa bayi yg dikandungnya ini memang telah dinanti2kan..Saya pun sedikit terharu karena teringat akan ibu saya sendiri :’)


Sempet denger cerita dari teman2 saya yg jaga duluan sebelum kelompok saya bilang “kalo kamu jaga siang,biasanya ga ada yg partus (melahirkan) dan..” namun Alhamdulillah saya dan teman sekelompok saya bisa melihat proses melahirkan 15 menit setelah kami masuk ruangan..Dan kebetulan saya dan teman2 diminta utk menyiapkan partus set dan sebagainya (kerjaan clerk yg masih blm diperkenankan melakukan tindakan)..dan betapa leganya mengetahui prosesnya lancar dan bayi terlahir sempurna,raut bahagia yg terpancar dari muka ibu S sangat terlihat..


Entah mengapa hari itu kami merasa beruntung sekali (saya,munsyi,zulfikar dan nadhir) setelah melihat partus yg pertama tadi ,setiap 40 menit sekali hampir selalu ada proses partus lain yg menyusul..itu adalah jam2 sibuk bagi para dokter dan perawat hari itu..
Tapi tdk semua berjalan dgn lancar sempurna,saya ingat itu setelah maghrib ada satu proses kelahiran yg memakan waktu cukup lama dan setelah bayinya lahir,bayi itu tdk kunjung menangis..Dlm dunia kedokteran,sekitar 5 menit setelah bayi lahir dievaluasi Apgar (Apperance,pulse,grimace,activity,respiration) score-nya (menilai bahwa bayi ini tdk terjadi asfiksia (kekurangan suplai oxygen dan bila hal ini terjadi dpt berakibat fatal)..


Para tim medis lalu panik dan melakukan segala hal utk menyelamatkan bayi ,dan Alhamdulillah beberapa menit kemudian bayi sdh dapat menangis dan bernafas..
Hari minggu itu adalah hari dimana saya dan teman2 mendapat pengalaman yg berharga , dan jam sdh menunjukkan pukul 22.15 saatnya kelompok jaga berikutnya masuk Vk..sebelum pulang,kami ber-4 yg telah kelaparan mampir ke warung kaki lima di depan ird sekedar utk mengisi perut dengan semangkuk soto ayam dan satu botol teh..

Wah terima kasih para dokter-perawat vk obsgyn dan juga teman2 kelompok jaga saya pastinya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar